Senin, 27 Desember 2010

BOKOMA






Terkadang merasa pusing karena terlalu lama di depan computer , atau stress menghadapi rutinitas yang ada ?? jangan ambil pusing, anda dapat melakukan terapi bokoma sendiri di rumah, di kantor, ataupun dimana saja….

Rasakan sensasi terapi bokoma di rumah atau di kantor anda, dan dapat juga digunakan sebagai terapi tertawa.

Manfaat Bokoma :
Membantu Mengurangi Gejala Pusing / Sakit Kepala / Migrain.
Memberikan efek relaksasi pada sistem saraf tubuh.
Membantu melancarkan sirkulasi darah di kepala.
Membantu Mengurangi Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi.
Membantu Pertumbuhan Rambut dan Efektif Mengatasi Ketombe.
Membantu Menyembuhkan Kesemutan, Nyeri dan Kram pada jari-jari
Meningkatkan daya intelektual.

Cara Penggunaan :
Pegang ujung dari bokoma, arahkan kawat-kawat halus yang memiliki banyak cabang langsung di atas kepala, tekan dan angkat bokoma, lakukan terus menerus hingga merasa cukup untuk pemijitan. Luangkan waktu antara 5 – 10 menit, bisa sambil nonton TV maupun waktu santai.

Ukuran box : 23 cm x 7 cm x 7 cm
Berat : 5 gr

Harga : Rp 25.000
diskon 10% untuk pembelian 1 - 5 pcs
diskon 20% untuk pembelian 6 – 11 pcs
diskon 30% untuk pembelian 12 – 23 pcs
diskon 40% untuk pembelian 24 – 35 pcs

(harga belum termasuk ongkos kirim)


Untuk Info & Pemesanan : 021 - 98085128

Senin, 13 Desember 2010

Profesi Istri

Seorang istri maupun seorang ibu, baik itu sang istri sebagai wanita karir maupun sebagai ibu rumah tangga memiliki peranan penting dalam kehidupan rumah tangga.

Karena tanpa disadari oleh seorang wanita yang sudah berumah tangga, ternyata mereka dapat melakukan berbagai hal pekerjaan rumah tangga atau istilahnya melakukan pekerjaan dari A – Z , pekerjaan apakah yang bisa dilakukan oleh seorang wanita yang sudah berumah tangga? Tentu saja hal ini terlepas dari seseorang yang memiliki asisten rumah tangga atau pembantu rumah tangga. Wanita bukan kaum yang lemah, buktinya seorang ibu harus bekerja keras melakukan pekerjaan rumah tangga dalam satu waktu, dan hal ini bisa dikatakan bahwa Ibu adalah seorang “wonder woman” untuk keluarganya.

Benarkah seorang Ibu dapat melakukan lebih dari 10 pekerjaan dalam satu hari ? coba kita telusuri…

1. Juru masak/koki, menyiapkan masakan untuk keluarga.

Setiap hari Ibu selalu memasak makanan yang bergizi untuk keluarganya, tentu saja dalam memasak menu tidak hanya 1 menu, dimulai dari nasi, ikan/daging, sayur, ataupun krupuk. Berapa jam yang dibutuhkan Ibu untuk melakukan hal tersebut? Dibutuhkan waktu antara 2-3 jam.

2. Juru laundry/tukang cuci & gosok baju.

Mencuci baju dan menggosok baju adalah salah satu rutinitas ibu yang cukup melelahkan, terlebih lagi jika melakukannya secara manual tidak menggunakan mesin cuci. Atau sekarang sudah banyak jasa pencucian kiloan, tapi tidak bisa selesai dalam 1 hari, hal itu dibutuhkan minimal 3 hari baru bisa mengambil kembali pakaian yang dicuci di laundry. Jika pengerjaan secara manual mungkin dibutuhkan sekitar 1-2 jam tergantung dari banyaknya baju kotor.

3. House keeping/tukang bersih2 rumah.

Walaupun terlihat ringan, tapi pekerjan ini cukup menyita waktu, dimulai dari menyapu rumah, mengepel rumah, mengelap debu2 yang menempel di lemari/kaca. Pekerjaan ini membutuhkan waktu antara ½ jam – 1 jam.

4. Baby sitter anak (mandikan, menyuapi, menemani bermain, dll).

Sepertinya mudah melakukan hal ini, tapi ternyata cukup menyita waktu juga, menyuapi anak tidak bisa selesai dalam waktu 10 menit… pekerjaan ini membutuhkan waktu minimal 20 menit – ½ jam, karena cara makan anak terkadang sulit.. waktu yang dibutuhkan antara 1-2 jam dari mulai menyuapi, menemani bermain, memandikan, sampai dengan memakai baju.

5. PeƱata rambut anak.

Walau terdengarnya mudah, tapi hal ini aga sulit dilakukan, untuk anak usia 1-2 tahun bisa saja dengan mudah menata rambutnya, tapi untuk anak usia 5 atau 6 tahun belum tentu, anak sudah merequest pada Ibu untuk dimintakan model macam-macam setelah mandi. Menata rambut ini dibutuhkan waktu kurang lebih 5-10 menit.

6. Manajer keuangan rumah tangga.

Ibu dituntut untuk dapat mengatur uang masuk dan uang keluar dalam rumah tangga, berapa dana yang masuk untuk memenuhi kebutuhan keluarga, dan biaya apa saja yang harus di cukupi dari dana yang masuk tersebut. Apakah biaya yang ada dapat tercover dari dana yang masuk? Kalau bisa tercover, alhamdulillah…. Tapi kalau tidak tercover… apa yang harus dilakukan Ibu??? Itulah rahasia tugas seorang manajer keuangan dalam rumah tangga.

7. Perawat pribadi.

Memang hal ini tidak dilakukan setiap hari, hal ini akan dilakukan Ibu jika ada anggota keluarga yang sedang sakit. Ibu harus secara intensif merawat anggota keluarga yang sakit, dari mulai menu makanan, teraturnya minum obat, dsb.

8. Supir pribadi anak (antar jemput sekolah).

Jika anak-anak sudah mulai ada yang sekolah, Ibu di tuntut untuk menjadi supir pribadi anak dimulai antar dan jemput sekolah. Lain hal bagi Ibu yang memiliki dana lebih untuk ikut jemputan sekolah atau lainnya. Untuk 1 anak mungkin tidak terlalu masalah bagi sang Ibu, bagaimana jika anaknya lebih dari 1 dengan sekolah yang berbeda? Itulah rahasia Ibu dalam mengelola waktu sebagai supir pribadi anak.

9. Guru pribadi.

Ibu dituntut untuk bisa menjadi guru private di luar sekolah, baik itu dalam hal pendidikan formal maupun informal seperti mengaji misalnya atau sekedar mengajarkan kepribadian atau sopan santun. Terlebih lagi jika anak akan menghadapi ujian, pastilah Ibu akan lebih heboh dibandingkan anaknya.

10. Membayar tagihan rutin bulanan (listrik, telpon, PDAM, gas, dll).

Kegiatan ini memang tidak rutin setiap hari, biasanya dalam 1 bulan hanya sekali biasanya antara tanggal 15 – 21 setiap bulannya. 1 antrian saja bisa menghabiskan waktu antara 10-15 menit, sementara berapa tagihan antrian yang harus dibayar?? Bagi anda yang memiliki fasilitas ATM atau internet banking mungkin tidak mengalami masalah untuk pembayaran tagihan bulanan rutin ini, tapi bagi mereka yang tidak memiliki fasilitas tersebut bagaimana? Mau tidak mau mereka antri secara manual.

11. “Sekretaris pribadi” suami.

Selain mengurusi semua kepentingan dan kebutuhan anak dan rumah, Ibu juga harus menjadi “sekretaris pribadi” suami disaat-saat tertentu…

12. Pergi ke pasar.

Kegiatan ini sepertinya tidak harus dilakukan Ibu setiap hari, biasanya dalam 1 minggu 2 atau 3 kali sesuai dengan kebutuhan dapur. Ada yang mengandalkan tukang sayur keliling, ada yang mengandalkan tukang sayur yang standbye di sekitar rumah, ada juga yang pergi ke supermarket sekalian belanja bulanan rutin.

belum lagi kalau seorang Ibu itu adalah wanita karir… wah.. repot ya ??

Hari libur adalah hari yang dinanti-nanti oleh banyak orang, tapi tidak bagi seorang Ibu. Justru dengan adanya hari libur malah sedikit bertambah pekerjaannya. Sungguh di luar dugaan dapat mengetahui semua hal tersebut, lalu bagaimana Ibu dapat melakukan semuanya itu ? itulah pintarnya Ibu dalam membagi waktu, antara pekerjaan satu dengan pekerjaan yang lainnya.

Dengan banyaknya aktivitas Ibu, terkadang Ibu lupa dengan dirinya sendiri, karena setiap harinya Ibu selalu berpacu dengan waktu, sedikit waktu yang Ibu dapat luangkan untuk dirinya sendiri, meskipun hanya untuk sekedar melepas lelah….

Padahal Ibu berharap pasangannya mau membantu sedikit dari pekerjaan yang ada, tetapi rupanya banyak juga dari pasangan yang tidak begitu menghiraukan keluh kesah sang istri….

Tidak heran Ibu terkadang terlihat sedikit stress, atau terlihat cepat tua, atau terlihat sedikit kurus karena aktivitas yang begitu padat. Untuk para wanita yang melakukan pekerjaan kantor, jangan berfikir lebih baik menjadi ibu rumah tangga enak di rumah bisa tidur dsb.. justru menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan padat yang bisa dikatakan bekerja selama lebih dari 13 jam.

Di mulai dari pagi hari sekitar pukul 4 atau 5 pagi Ibu sudah memulai aktivitas, dari merapihkan rumah, mencuci pakaian, menyiapkan sarapan, menyuapi anak, memandikan anak pagi hari, menyiapkan anak sekolah, mengantar anak sekolah, berbelanja, menjemput anak sekolah, memasak, menggosok pakaian, memberikan belajar private untuk anak, memandikan anak sore hari, sampai dengan menidurkan anak di malam hari, merapihkan sisa-sisa makan malam yang ada di meja makan, dsb… disaat Ibu akan melepaskan lelah ada satu tugas lagi yang harus diselesaikan oleh Ibu yaitu menjadi “sekretaris pribadi” suami, setelah itu barulah selesai tugas Ibu… semua pekerjaan Ibu baru bisa selesai total pada pukul 11 malam, barulah Ibu benar benar bisa melepaskan rasa lelah setelah melakukan aktivitas yang panjang seharian… belum lagi kadang si kecil terbangun di malam hari karena ingin minta susu, atau ingin pipis, atau sedang mimpi buruk, Ibu harus bangun menemani si kecil hingga si kecil tertidur kembali dalam dekapan sang Ibu…

Seperti mata mutiara yang selalu di dengar saat pesta pernikahan seseorang… “Selamat Menempuh Hidup Baru” memang benar kehidupan setelah menikah adalah titik awal suatu kehidupan nyata yang sesungguhnya dimana akan ada hambatan, cobaan, masalah, dsb… kehidupan akan bertambah kompleks setelah lahirnya sang buah hati, pasangan baru akan dituntut untuk lebih bertanggung jawab terhadap semua masalah yang dihadapi, bisa membagi perasaan suka dan duka.. berawal dari semua inilah pasangan baru belajar “makan asam garam” kehidupan…

Bagi pasangan calon pengantin baru, sudah siapkan anda menuju ke tahap kehidupan yang sesungguhnya? Siapkan lahir batin untuk memulai kahidupan baru yang sesungguhnya. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus siap menempuh jalan tersebut, karena itulah realita kehidupan….

Minggu, 12 Desember 2010

Danau, Sungai, Laut

Sebetulnya apa yang kita ketahui tentang pengertian danau, sungai, dan laut? Berikut adalah definisi dari ke tiga pengertian kata tadi:

Danau adalah tempat penampungan air di permukaan bumi yang digenangi oleh air, bisa air tawar ataupun air asin yang seluruhnya dikelilingi daratan dan berbentuk cekungan yang lebih dalam dari telaga. Air yang ditampung oleh danau adalah air yang berasal dari turunnya air hujan, berasal dari air tanah, dan dapat juga berasal dari mata air. Danau dapat terbentuk secara alami atau danau buatan.

Sungai adalah tempat penampungan air di permukaan bumi yang terdiri dari air tawar dan mengalir secara alami pada suatu lembah, mengalir menuju danau atau sungai lainnya dan bermuara dilaut.

Laut adalah tempat penampungan air di permukaan bumi yang terdiri dari kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra.


Terkait dengan danau, sungai, dan laut adalah tempat penampungan air sementara, maka diperlukan pelestarian air, karena fungsi air yang terdapat didalamnya adalah sangat penting untuk kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya serta merupakan unsur modal dasar untuk pembangunan, jika pemanfaatannya tidak diikuti dengan tindakan yang bijaksana dalam pengelolaannya maka akan mengakibatkan kerusakan pada sumberdaya air yang ada.



Terbentuknya danau

Selama ini kita sudah mengetahui bentuk dan keindahan danau, apakah kita mengetahui bagaimana asal mula terjadinya sebuah danau? Ketika kita kecil terkadang diceritakan oleh orangtua tentang legenda atau dongeng yang melatar belakangi terbentuknya sebuah danau, seperti beberapa danau di Indonesia yang sudah sangat melekat dengan legenda cerita rakyat, seperti yang sudah sangat terkenal adalah legenda Danau Toba.

Tetapi apakah kita mengetahui secara geografis apa yang menyebabkan terbentuknya sebuah danau? Mengapai danau bisa terbentuk? Berikut adalah beberapa sebab mengapa danau bisa terbentuk :

1. Danau yang terbentuk bila di dalam atau bagian tengah dari gunung berapi yang runtuh dan terisi oleh air akhirnya terbentuklah danau. Contohnya adalah Danau Toba di Sumatera

2. Danau yang terbentuk bila di dalam kawah atau lubang bulat mirip corong di puncak gunung berapi jika terisi air terbentuklah danau. Contohnya adalah Danau kawah di Oregon ( Amerika Serikat ).

3. Danau yang terbentuk bila aliran lava gunung berapi menyumbat lembah sungai sehingga terisi oleh air maka terbentuklah danau. Contohnya adalah Laut Galilea di Timur Tengah.

4. Danau yang terbentuk bila gletser dan lembaran es mengeruk permukaan bumi sehingga membentuk cekungan, kemudian cekungan ini terisi air dan terbentuklah danau. Contohnya adalah Danau Leman (Swiss dan Perancis).

5. Danau yang terbentuk dari lekukan gurun terbentuk di daerah kering tempat angin menghasilkan lekukan. Bila dasar lekuk tersebut mencapai muka air tanah, maka terbentuklah sebuah danau. Contohnya adalah oase gurun di seluruh dunia.

6. Danau tapal kuda dihasilkan bila sungai yang berkelok-kelok melintasi daratan mengambil jalan pintas dan meninggalkan potongan-potongan yang akhirnya membentuk danau tapal kuda.

7. Danau delta terbentuk di sepanjang pantai yang arus pantainya mengendapkan pasir dan membentuk gosong pasir. Akhirnya, gosong pasir itu sama sekali memisahkan sebagian kecil laut, dan dengan demikian membentuk laguna. Delta-delta terbesar di dunia mempunyai danau delta atau laguna.

8. Danau sesar terjadi jika pergeseran di kerak bumi, maka terbentuklah lekukan atau lembah retak yang kemudian dapat terbentuklah danau. Contonya adalah Danau Malawi di Lembah Retakan Afrika Timur.



Terbentuknya sungai

Seperti yang kita ketahui sungai merupakan salah satu sumberdaya alam yang mengandung banyak unsur-unsur air dan kehidupan didalamnya, air sungai berasal dari air hujan yang turun ditampung ke daratan dan sungai sehingga bermuara dilaut.

Sungai sebagian besar terjadi erosi, hal itu dapat terjadi pada permukaan tanah. Semua air sungai membawa mineral, partikel-partikel lumpur dan tanah liat. Ketika arus sungai cukup deras, sungai dapat membawa pasir, kerikil, dan bahkan batu-batu besar dengan sangat cepat di sepanjang sungai. Jadi semakin besar kecepatan dan jumlah air, semakin berat beban sungai dapat membawanya.

Sungai sangat bervariasi dalam jumlah air yang dibawanya, di daerah curah hujan yang cukup, sungai mengalir sepanjang tahun. Sungai dapat menerima air hujan secara langsung selama sungai mempunyai banyak anak sungai, sungai juga dapat menerima air tanah, yang telah meresap ke dalam tanah selama hujan, dan sungai terus-menerus diberi makan oleh danau-danau, rawa-rawa, dan daerah basah lainnya. Pada daerah kering, sungai biasanya mengalir hanya setelah hujan, yang sering datang dalam hujan lebat sehingga menyebabkan banjir bandang.

Karakteristik atau sifat sungai sangat berbeda beda di seluruh dunia. Di Asia Tenggara seperti di lembah-lembah Mekong, Salween, Irawadi, dan Gangga walaupun daerah yang mempunyai kepadatan penduduk tinggi tapi disekitar sungai tersebut tanahnya subur. Lain halnya seperti di Eropa, Rhine, Elbe, dan Seine, di daerah tersebut sungainya menjadi penghubung antar kota dan berfungsi juga sebagai sungai untuk antisipasi masalah banjir yang biasa di kenal dengan kanal, disepanjang aliran sungai tersebut telah disediakan sistem transportasi sungai untuk penghubung antar kota. Di Amerika Utara, sungai yang digunakan secara ekstensif untuk transportasi, tenaga air, dan irigasi. Sungai-sungai besar di Afrika, Asia utara, dan Amerika Selatan, umumnya penggunaan sungai jarang digunakan tidak seperti di daerah lainnya karena di daerah tersebut jarang penduduknya.

Terdapat lima (5) jenis sungai berdasarkan asal terjadinya sungai, yaitu:
1. Sungai konsekuen longitudinal adalah sungai yang arah alirannya sejajar dengan arah antiklinal.
2. Sungai konsekuen lateral adalah sungai yang arah alirannya sejajar dengan kemiringan lereng.
3. Sungai subsekuen adalah sungai yang arah alirannya menuju ke sungai konsekuen laretal.
4. Sungai resekuen adalah sungai yang arah alirannya sejajar dengan sungai konsekuen laretal dan menuju sungai subsekuen.
5. Sungai obsekuen adalah sungai yang arah alirannya menuju ke sungai subsekuen dan arah aliran airnya berlawanan dengan sungai konsekuen lateral.


Kita mengenal sungai karena fisiknya yang panjang mulai dari hilir sampai ke hulu. Ciri lain dari sungai sebagian besar di aliri dengan air tawar yang mengalir melalui saluran alami dalam tanah, dan sungai juga terdiri dari beberapa bagian, bermula dari mata air yang mengalir ke anak sungai, dan beberapa anak sungai akan bergabung untuk membentuk sungai utama. Aliran air biasanya berbatasan dengan beberapa saluran dengan dasar dan tebing di sebelah kiri dan kanan.

Selama abad pertengahan, sungai merupakan penghubung dari satu kota ke kota lainnya dan lembah-lembahnya menjadi jalur perdagangan dibeberapa kota besar dunia. Sungai bahkan lebih penting di zaman modern karena sungai dapat memberikan kesediaan air untuk rumah tangga dan industri yang membutuhkannya.

Sungai dapat menyediakan tenaga air murah untuk masyarakat disekitarnya, dan dapat memberikan kebutuhan air melalui proyek irigasi. Sungai juga dapat membantu proses pembuangan limbah sampai dengan tempat rekreasi baik dilembah sungai, dipinggiran sungai, didalam sungai itu sendiri, maupun sepanjang sungai. Lembah sungai dan pinggiran sungai adalah tempat yang cocok untuk lahan pertahian karena kondisi tanahnya yang subur.

Pada tahun 1880 an seorang geologist berkebangsan Amerika, William Davis Morris, berpendapat bahwa sungai dan lembahnya ibarat organisme hidup. Sungai berubah dari waktu ke waktu, mengalami masa muda, dewasa, dan masa tua. Menurut Davis, siklus kehidupan sungai dimulai ketika tanah baru muncul di atas permukaan laut. Hujan kemudian mengikisnya dan membuat parit, kemudian parit-parit itu bertemu sesamanya dan membentuk sungai. Sungai menampung air pada daerah yang cekung, tapi kemudian hilang sebagai sungai dangkal. Kemudian memperdalam salurannya dan mengiris ke dasarnya membentuk sisi yang curam, lembah berbentuk V. Anak-anak sungai kemudian tumbuh dari sungai utamanya seperti cabang tumbuh dari pohon. Semakin tua sungai, lembahnya semakin dalam dan anak-anak sungainya semakin panjang.



Terbentuknya laut

Menurut sejarahnya laut terbentuk 4,4 milyar tahun yang lalu, dimana awalnya bersifat sangat asam dengan air yang mendidih (dengan suhu sekitar 100°C) karena panasnya Bumi pada saat itu. Asamnya air laut terjadi karena saat itu atmosfer Bumi dipenuhi oleh karbon dioksida. Keasaman air inilah yang menyebabkan tingginya pelapukan yang terjadi yang menghasilkan garam-garam yang menyebabkan air laut menjadi asin seperti sekarang ini. Pada saat itu, gelombang tsunami sering terjadi karena seringnya asteroid menghantam Bumi. Pasang surut laut yang terjadi pada saat itu juga bertipe mamut atau tinggi/besar sekali tingginya karena jarak Bulan yang begitu dekat dengan Bumi.

Menurut para ahli, awal mula laut terdiri dari berbagai versi; salah satu versi yang cukup terkenal adalah bahwa pada saat itu Bumi mulai mendingin akibat mulai berkurangnya aktivitas vulkanik, disamping itu atmosfer bumi pada saat itu tertutup oleh debu-debu vulkanik yang mengakibatkan terhalangnya sinar Matahari untuk masuk ke Bumi. Akibatnya, uap air di atmosfer mulai terkondensasi dan terbentuklah hujan. Hujan inilah yang mengisi cekungan-cekungan di Bumi hingga terbentuklah lautan.

Secara perlahan-lahan, jumlah karbon dioksida yang ada diatmosfer mulai berkurang akibat terlarut dalam air laut dan bereaksi dengan ion karbonat membentuk kalsium karbonat. Akibatnya, langit mulai menjadi cerah sehingga sinar Matahari dapat kembali masuk menyinari Bumi dan mengakibatkan terjadinya proses penguapan sehingga volume air laut di Bumi juga mengalami pengurangan dan bagian-bagian di Bumi yang awalnya terendam air mulai kering. Proses pelapukan batuan terus berlanjut akibat hujan yang terjadi dan terbawa ke lautan, menyebabkan air laut semakin asin.

Setelah melalui beberapa proses alami diatas, mulailah terbentuk habitat laut dari berbagai jenis ikan laut, tumbuhan laut, dan kehidupan laut lainnya sehingga akhirnya terbentuklah laut seperti yang sudah kita ketahui sampai saat ini.

Kamis, 02 Desember 2010

BADAI TOPAN

Beberapa peristiwa yang terjadi di Bumi sebagian adalah faktor alam. Faktor alam seperti yang kita ketahui ada banjir, gunung meletus, tanah longsor, angina topan, dan masih ada beberapa lagi.

Angin topan juga dikenal sebagai siklon tropis atau topan. Setiap tahun, dunia mengalami musim badai. Selama periode ini, ratusan badai sistem spiral keluar dari daerah tropis. Di belahan bumi utara, musim berjalan dari 1 Juni - 30 November, sedangkan belahan bumi selatan umumnya mengalami aktivitas badai dari Januari sampai Maret. Jadi sekitar 75% orang-orang yang berada di belahan bumi utara dan belahan bumi selatan mengatakan bahwa seseorang di suatu tempat mungkin mengkhawatirkan tentang peristiwa badai yang akan datang kapan saja di masanya.

Badai membangun energi ketika bergerak menyeberangi lautan, menyedot hangat, udara disekitarnya lembab dari dan mengeluarkan udara dingin tinggi. Pikirkan ini sebagai badai ganas masuk dan keluar. Pada titik ini, badai cepat kehilangan momentum dan kekuasaan, tetapi bukan tanpa melepaskan kecepatan angin mencapai 185 mph (300 kph) di wilayah pesisir.



Mendefinisikan sebuah Badai

Untuk memahami bagaimana badai bekerja, Anda harus memahami prinsip-prinsip dasar tekanan atmosfir. Gas-gas yang membentuk atmosfer bumi tunduk pada gravitasi di planet ini. Bahkan, suasana beratnya 5,5 ton gabungan milion lipat empat (4,99 ton metrik milion lipat empat). molekul gas di bagian bawah, atau yang paling dekat dengan permukaan bumi di mana kita semua hidup, yang dikompresi oleh berat udara di atas mereka.

Udara terdekat kita juga paling hangat, seperti suasana sebagian besar dipanaskan dengan tanah dan laut, bukan oleh matahari. Untuk memahami prinsip ini, coba pikirkan orang menggoreng telur di trotoar di hari yang panas dan cerah. Panas akan diserap oleh trotoar, tidak panas turun dari matahari. Ketika udara memanas, molekul yang bergerak jauh terpisah, sehingga kurang padat. udara ini kemudian naik ke ketinggian yang lebih tinggi di mana molekul udara kurang dikompresi oleh gravitasi. Ketika hangat, rendah tekanan udara meningkat, dingin, tekanan udara tinggi merebut kesempatan untuk bergerak di bawahnya. Gerakan ini disebut gaya gradien tekanan.

Udara ini naik memperkuat udara yang sudah naik dari permukaan, sehingga kecepatan sirkulasi dan angin badai meningkat. Sementara itu, angin kencang bertiup dengan kecepatan yang sama pada ketinggian yang lebih tinggi (hingga 30.000 kaki atau 9.000 meter) membantu menghilangkan udara panas yang naik dari pusat badai, mempertahankan gerakan terus-menerus dari udara hangat dari permukaan dan menjaga badai terorganisir. Jika angin kencang-ketinggian tidak meledak dengan kecepatan yang sama di semua tingkatan - jika terjadi pecahnya angin maka badai menjadi kacau dan melemah.



Siklus hidup dari suatu Badai

Mengingat kerusakan badai bisa memporakporandakan lingkungan sekitarnya, mudah memikirkan badai sebagai semacam rakasa. Ini mungkin bukan organisme hidup, tapi tidak membutuhkan makanan hangat, udara lembab. Dan jika gangguan tropis terus menemukan cukup dari "makanan" dan untuk menghadapi angin yang optimal dan kondisi tekanan, itu hanya akan membuatnya terus berkembang.

Angin bisa berlangsung dari hitungan jam bahkan bisa juga hitungan hari untuk gangguan tropis dan berkembang menjadi badai. Tetapi jika siklus aktivitas siklon dan angin kecepatan terus meningkat, kemajuan gangguan tropis melalui tiga tahap:

1. Tropical depresi: kecepatan angin kurang dari 38 mph
2. Badai Tropis: kecepatan angin 39-73 mph
3. Badai: kecepatan angin lebih besar dari 74 mph

Antara 80 dan 100 badai tropis berkembang setiap tahun di seluruh dunia. Banyak dari badai itu tidak tidak berkembang tetapi sekitar separuh dari badai itu akhirnya mencapai status badai.

Badai bervariasi dalam ukuran fisik. Beberapa badai yang kompak, dengan hanya beberapa angin dan hujan mengikutinya. Badai lainnya adalah looser - pita angin dan hujan tersebar di ratusan atau ribuan kilometer. Badai Floyd, yang melanda Amerika Serikat timur pada bulan September 1999, terasa dari kepulauan Karibia ke New England. Setelah badai telah terbentuk dan intensif, satu-satunya jalan yang tersisa untuk raksasa atmosfer disipasi. Akhirnya, badai akan menghadapi kondisi yang menyangkalnya udara yang hangat dan lembab yang diperlukan. Ketika bergerak badai ke perairan yang lebih sejuk di lintang tinggi, menurunkan tekanan gradien, angina pun berkurang.



Kerusakan Badai

Selama ribuan tahun, badai telah mendapat julukan sebagai perusak. Banyak orang bahkan bingkai mereka sebagai perwujudan kekuatan alam atau tindakan murka ilahi. Kata "Badai" itu sendiri sebenarnya berasal dari "Hurakan," dewa Maya merusak. Tidak peduli bagaimana Anda memilih untuk jumlah atau mewujudkan tindakan-tindakan kuat dari alam, kerusakan yang ditimbulkan berasal dari aspek yang berbeda dari badai.

Badai memberikan hujan besar. Badai sangat besar dapat membuang puluhan inci hujan hanya dalam satu atau dua hari, sebagian besar daratan. Jumlah hujan bisa membuat banjir.

Selain itu, angin berkecepatan tinggi dalam badai dapat menyebabkan kerusakan struktural yang luas untuk kedua struktur buatan manusia dan alam. Angin ini dapat menggulingkan kendaraan, dinding runtuh dan tumbangnya pohon. Angin yang ada di dalam topan itu mendorong dinding air, yang disebut gelombang badai, Jika gelombang badai yang terjadi bertepatan dengan air pasang, itu menyebabkan erosi pantai dan banjir yang signifikan di daratan.

Badai sendiri biasanya merupakan peristiwa awal akan terjadinya tornado, karena biasanya angin badai sering diikuti dengan tornado, yang lebih kecil, badai lebih intens yang menyebabkan kerusakan tambahan.

Luasnya kerusakan badai tidak hanya tergantung pada kekuatan badai, tetapi juga cara membuat angina itu menyentuh dengan tanah. Dalam banyak kasus, badai hanya merumput garis pantai. Kerusakan badai juga sangat tergantung pada apakah sisi kiri atau kanan dari topan dan serangan area yang diberikan. Sisi kanan dari topan merupakan kecepatan angin dan kecepatan gerak melengkapi satu sama lainnya. Di sisi kiri, kecepatan badai gerak mengurangi dari kecepatan angin.

Kombinasi angin, hujan dan banjir dapat menyebabkan kerusakan signifikan terhadapdaerah-daerah yang tidak jauh dari pantai. Pada tahun 1996, Hurricane Fran menyapu 150 mil (241 km) ke daratan puluhan ribu rumah rusak atau hancur, jutaan pohon jatuh, kerusakan total diukur dalam miliaran dolar.



Sejarah Badai

pengertian badai tergantung pada masanya dan tergantung pada kajian ilmiah dan pencatatan, tetapi badai telah mendikte jalannya sejarah manusia selama ribuan tahun. Lagi pula, badai merupakan bagian dari sistem atmosfer yang mendahului umat manusia ribuan tahun lalu.

Sementara sebagian besar ilmuwan kiri untuk berspekulasi tentang kekuatan badai Mesozoikum Era, ahli geologi telah menemukan bukti badai Besi Umur di lapisan sedimen tanah. Ketika badai menghancurkan daratan dan kembali ke dalam danau, badai meninggalkan banyak pasir. Para ilmuwan mendapatkan beberapa bahan organik di atas dan di bawah pasir untuk menentukan tanggal perkiraan badai.

Sejauh catatan manusia, bangsa Maya kuno Amerika Selatan menyebutkan badai dalam hieroglif mereka. Abad-abad berikut ini adalah sejarah badai yang mempengaruhi hasil perang dan upaya kolonisasi :

• Tahun 1274 Mongol Invasi Jepang
• Tahun 1559 Sebuah upaya Spanyol untuk merebut kembali Florida
• Pertahanan Perancis sebuah benteng Florida, kemudian kalah dari Spanyol pada tahun 1565
• Armada Spanyol itu serangan terhadap Inggris pada 1588
• Sebuah serangan 1640 Belanda di Kuba
• Inggris dominasi atas Perancis di Kepulauan Karibia pada tahun 1780

Saat ini, meteorologi modern telah tercipta sehingga datangnya badai dapat di perhitungan dan diperkirakan, sehingga bisa mendapat peringatan dini dan dapat menghindari daera-daerah tertentu yang akan disapu oleh badai tersebut. Tetapi meskipun dengan adanya peringatan terlebih dahulu akan datangnya badai, pemerintah dan penduduk wilayah pesisir harus selalu waspada setiap saat pada masanya badai datang.

Sementara itu, beberapa ahli melihat dimasa yang akan datang harus penuh dengan perhatian mengenai datangnya badai. Di beberapa titik untuk periode aktivitas badai yang intens pada masa lalu, sangat di khawatirkan bahwa tren tersebut dapat kembali terjadi. Pendapat lain juga menyebutkan bahwa pemanasan global yang disebabkan oleh peningkatan produksi gas rumah kaca akan menyebabkan zona badai yang lebih besar dan badai yang lebih kuat.

Mengapa Salju berwarna putih ?

Salah satu alasan mengapa begitu banyak orang mengatakan “cinta salju” atau “cintaku seputih cinta salju”. Mengapa demikian ? ya, karena memang putihnya salju adalah murni tidak ada campuran pewarna lainnya, putihnya itu adalah putih alami.

Tidak semua Negara bisa merasakan hujan salju, seperti di Indonesia salju hanya terlihat diatas puncak gunung Jayawijaya, tetapi tidak jarang juga pada saat-saat tertentu di beberapa kota di Indonesia juga mengalami hujan salju/es.

Bagaimana jika di Negara barat atau eropa? Jika anda tinggal disana pasti anda akan mengalami hujan salju pada saatnya tiba. Terlebih lagi pada bulan Desember anda akan cenderung mendengarkan lagu “White Christmas”.

Tapi apakah anda pernah berpikir tentang salju ? Mengapa salju berwarna putih ? mengapa tidak berwarna biru atau hijau? Apa jadinya jika salju berwarna biru atau hijau ?

Ya, salju hanya sekelompok kristal es yang menempel, jadi apakah itu merupakan warna alami untuk salju ?

Untuk memahami dari mana warna putih salju itu berasal, kita perlu kembali ke atas dan melihat mengapa hal-hal yang berbeda memiliki warna yang berbeda pula.

Kita bisa lihat cahaya, cahaya terdiri dari berbagai frekuensi cahaya. Mata kita mendeteksi frekuensi yang berbeda sebagai warna yang berbeda. objek yang berbeda memiliki warna yang berbeda karena partikel tertentu (atom dan molekul) yang membentuk benda memiliki frekuensi getaran yang berbeda.

Pada dasarnya, elektron partikel akan bergetar dalam jumlah tertentu untuk menanggapi energi, tergantung pada frekuensi dari energi. Dalam kasus energi cahaya, molekul dan atom menyerap sejumlah energi cahaya tergantung pada frekuensi cahaya, dan kemudian memancarkan energi, energi diserap sebagai panas. Ini berarti bahwa benda-benda menyerap frekuensi cahaya tertentu lebih daripada yang lain.

Beberapa hal yang berbeda dapat terjadi pada frekuensi cahaya yang tidak diserap. Dalam bahan tertentu, ketika kembali partikel-memancarkan foton, mereka terus melewati ke partikel berikutnya. Dalam hal ini, cahaya perjalanan sepanjang jalan melalui material, sehingga material jelas. Dalam bahan padat umumnya, partikel-memancarkan kembali sebagian besar foton diserap keluar dari material, begitu ringan tidak ada atau sangat sedikit cahaya, melewati dan objek yang buram. Warna obyek buram hanyalah kombinasi dari energi cahaya yang partikel benda tidak menyerap.

Jadi, karena salju adalah air beku dan kita semua tahu bahwa air beku jelas, mengapa salju memiliki warna berbeda? Untuk memahami hal ini, kita perlu kembali ke atas dan melihat sepotong individu es. Es tidak transparan, itu benar-benar tembus. Ini berarti bahwa cahaya foton tidak lulus benar melalui materi dalam jalur langsung - partikel dari material tersebut mengubah arah cahaya itu. Hal ini terjadi karena jarak antara beberapa atom pada struktur molekuler es adalah dekat dengan tinggi panjang gelombang cahaya, yang berarti foton cahaya akan berinteraksi dengan struktur. Hasilnya adalah bahwa jalur foton cahaya yang diubah dan itu keluar dari es di arah yang berbeda dari memasuki es.

Salju adalah sekelompok seluruh kristal es individu disusun menjadi satu. Ketika sebuah foton cahaya memasuki lapisan salju, ia pergi melalui kristal es di atas, yang berubah arah sedikit dan mengirimkannya ke sebuah kristal es baru, yang melakukan hal yang sama. Pada dasarnya, semua lampu kristal bouncing semua sekitar sehingga datang segera kembali keluar dari tumpukan salju. Ia melakukan hal yang sama untuk semua frekuensi cahaya yang berbeda, sehingga semua warna cahaya yang memantul kembali keluar. "warna" dari semua frekuensi dalam spektrum terlihat gabungan dalam ukuran yang sama berwarna putih, jadi ini adalah warna yang kita lihat di salju, sementara itu bukan warna yang kita lihat dalam kristal es individual yang membentuk salju.

Tips Pengiriman Barang

Pengiriman barang tergantung pada tujuan pengiriman apakah pengiriman dalam negri maupun pengiriman ke luar negri.

Terdapat beberapa dokumen yang diperlukan untuk suatu pengiriman barang, diantaranya : Shipping Instruction (SI), Invoice, Packing List, Airwaybill.

1. Shipping Instruction adalah perintah pengapalan dari pengirim barang kepada perusahaan freight forwarder.

Terjadinya transaksi di tandai dengan adanya Shipping Instruction ( SI ). SI ini memuat antara lain : nama dan alamat pengirim, nama dan alamat penerima, keterangan barang, dan jumlah barang.

2. Invoice adalah dokumen yang memuat data-data barang kiriman berisi harga barang.

3. Packing List adalah dokumen yang memuat dat-data barang kiriman yang berisi jenis barang, berat, ukuran, dan jumlah barang.

4. Airwaybill adalah surat jalan yang disediakan oleh penyedia jasa pengiriman, isinya berupa nama dan alamat pengirim, nama dan alamat penerima, jumlah berat, tanggal transaksi, tanda tangan pengirim, dan penyedia jasa.

Dokument diatas wajib ada untuk setiap pengiriman, khususnya untuk barang non dokumen atau paket. Tetapi ada juga untuk kiriman tertentu dibutuhkan dokumen tambahan seperti copy SIUP, copy NPWP, MSDS ( untuk barang yang tergolong cairan/unsur berbahaya ), Sertifikat Fumigasi ( untuk barang yang berasal dari kayu ), Sertifikat Karantina ( untuk pengiriman buah-buahan ), Sertifikat POM ( untuk makanan ), dan dokumen lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan jenis barang yang akan di kirim.

Biasanya kelengkapan dokumen diatas untuk pengiriman ke luar negri dan dalam partai besar (cargo).

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangan oleh jasa pengiriman barang maupun pengirim barang (shipper) untuk melaksanakan pengiriman, berikut yang bisa dijadikan salah satu pertimbangan dalam proses pengiriman barang:


Packing

Packing adalah suatu wadah atau tempat dibagian luar barang yang digunakan untuk melindungi isi barang yang akan dikirim.

Jenis-jenis packing bervariasi tergantung dari isi barang yang akan dikirim. Packing bisa berupa box karton, palet kayu/triplek, plastik, maupun sterofoam.

Jenis packing mapun kekuatan packing sangat mempengaruhi apakah barang anda bisa selamat tiba tanpa kerusakan yang berarti.

Dalam proses packing ini perlu dilihat beberapa hal: jenis barang (pecah belah, cairan, makanan, dan sebagainya) beberapa ekspedisi tidak mau mengangkut barang pecah belah jika packing yang kita buat tidak kuat. Untuk pecah belah biasanya dilakukan packing tambahan berupa packing kayu. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap harga packingnya.

Perlu di-ingat dalam proses pengiriman barang akan banyak dilakukan proses handling, mulai dari barang di ambil di tempat anda, di gudang ekspedisi, pada saat dimuat di kendaraan (truk) atau pada saat proses pemuatan di pesawat maupun setelah barang tiba di tujuan. Semakin banyak handling yang dilakukan maka semakin besar juga resiko kerusakan barang. Jadi jenis packing akan mempengaruhi barang tersebut rusak atau tidakdi tempat tujuan.

Packing ini berlaku untuk pengiriman melalui udara, darat, maupun laut.



Pengiriman melalui udara

Jika anda mengirim barang melalui udara, sebaiknya tanyakan dulu ke perusahaan pengiriman barang tersebut seberapa besar / berat barang yang diperbolehkan naik melalui udara.

Karena untuk tujuan-tujuan tertentu kita tidak boleh mengirim berat barang lebih dari jumlah yang ditentukan.

Misal hanya dibatasi per koli (box) cuma 150 kg saja. Lebih dari 150 kg harus dibagi menjadi 2 koli. Hal ini dikarenakan memang aturan dari standar penerbangan.

Atau berat per koli (box) dibatasi hanya 75 kg, melebihi berat per koli anda akan dikenakan biaya tambahan dari airline karena melebihi kapasitas berat yang seharusnya. biaya tambahan kelebihan berat ini antara 25% sampai dengan 100%, hal itu tergantung pada berat kiriman per koli.

Begitu juga dengan dimensi/ukuran barang, dikhawatirkan barang yang akan anda kirim melebihi pintu masuk pesawat, sehingga barang kiriman anda tidak bisa masuk bagasi pesawat. untuk ukuran dimensi pesawat komersial P : 150 cm , L : 75 cm , T : 80 cm , jika kiriman anda melebihi ukuran tersebut, kiriman anda harus menggunakan pesawat khusus, namanya pesawat cargo.



Pengiriman melalui darat

Pengiriman melalui darat bisa menggunakan kereta, truk atau bis dan juga saat ini ada yang menyediakan “wagon bus” dimana bentuknya seperti bis tetapi hanya untuk angkut barang saja.

Carilah perusahaan ekspedisi yang mempunyai jasa pengiriman yang sudah terjadwal mengenai pengiriman barang setiap hari-nya. Memang cukup sulit mengetahui apakah suatu perusahaan ekspedisi itu mempunyai jadwal yang tetap atau tidak. Banyak juga perusahaan ekspedisi yang menunggu memberangkatkan barang sampai mereka mendapatkan muatan penuh baru berangkat. Jadi tidak heran jika ekspedisi A bisa kirim 1 hari untuk tujuan Jakarta - Semarang, sementara ekspedisi B bisa sampai 3 hari bahkan 1 minggu.

Jika muatan kiriman anda banyak dan harus dimuat dalam 1 truk, maka sebaiknya anda charter saja truk tersebut. Ini lebih aman karena barang tidak naik dan turun antara tempat anda, gudang ekspedisi dan tempat tujuan. Sebagai contoh perusahaan mebel di Cirebon hampir selalu mengirim barang mereka dalam 1 truk besar untuk dikirim ke setiap pelanggan mereka di luar kota.

Jika muatan kiriman anda tidak terlalu banyak, misalnya hanya ada 5 koli dan berat tidak sampai 500 kg, sementara anda tidak tergesa-gesa untuk waktu pengiriman, dan sedikit menghemat biaya pengiriman karena tidak harus menyewa 1 truk, maka anda bisa menggunakan konsul barang atau penggabungan barang dengan barang kiriman milik orang/perusahaan lain dalam 1 truk.



Pengiriman laut

Jika muatan anda banyak (misal 20 - 25 m3) sebaiknya anda booking saja 1 container 20 feet. Atau booking 1 truk dimana nantinya truk tersebut akan langsung naik keatas kapal. Jika muatan barang anda sedikit memang mau tidak mau barang anda harus digabung dengan barang-barang lain.

Cara Menghitung Berat Volumetrik Kiriman

Dalam pengiriman hal yang terpenting adalah penghitungan berat dan volume. Seperti diketahui pada umumnya untuk penghitungan berat adalah berat barang yang akan dikirim dan sudah di timbang oleh alat berat, tetapi bagaimana jika barang itu besar tapi ringan? Itu yang dinamakan volume.

Bobot volumetrik pengiriman adalah perhitungan yang mencerminkan kepadatan paket. Barang yang kurang padat umumnya menempati volume ruang lebih besar dibandingkan dengan bobot sebenarnya. Bobot volumetrik atau dimensional dihitung dan dibandingkan dengan bobot pengiriman sebenarnya demi menentukan mana yang lebih besar, bobot yang lebih besar digunakan untuk menghitung biaya pengiriman.


Berikut adalah penjelasan mengenai elemen-elemen tersebut :

Berat dan volume adalah muatan yang akan dikirim. Bila melalui udara satuan ukur yang digunakan adalah kilogram, sedangkan bila melalui laut satuan ukur yang digunakan adalah M3 ( cubic meter ) atau container 20’ dan 40’ bila pelayanannya FCL.

Kiriman udara didasarkan pada berat barang (weight) atau berat volume (volume weight), diambil mana yang lebih besar. Cara menentukan berat barang tentu dengan cara menimbang, tetapi untuk menentukan volume weight diperlukan suatu rumus.

Untuk menghitung volume weight melalui kiriman udara mulai 1 November 2008 telah ditetapkan pembagiannya menjadi 5000.

Kiriman udara didasarkan pada volumetrik barang yaitu :

Panjang x Lebar x Tinggi ( dalam cm ) x 1 kg / 5000 = ....... Kg



Kiriman laut didasarkan pada volumetrik barang yaitu :

Panjang x Lebar x Tinggi ( dalam cm ) / 1000000 = ....... M3



Kiriman darat didasarkan pada volumetrik barang yaitu :

Panjang x Lebar x Tinggi ( dalam cm ) x 1 kg / 4000 = ....... Kg