Kamis, 18 November 2010

Aroma khas setelah turun hujan

Pernahkah kita mencium aroma khas setelah hujan? Sebetulnya aroma apa itu? Ketika kita mencium aroma tersebut begitu menyegarkan. Cobalah setelah turun hujan kita ke luar halaman, kemudian hiruplah udara segar itu.... apa yang dapat kita rasakan? Kebanyakan orang mencium adanya aroma khas di udara setelah hujan. Apa penyebabnya?

Ternyata, beberapa orang mengelompokkan aroma tersebut dengan angin hujan yang sangat deras. Yang kita hirup setelah hujan sebenarnya disebabkan oleh bakteri! Bakteri Actinomycetes namanya, sejenis berserabut bakteri, tumbuh di tanah ketika kondisi basah dan hangat. Ketika tanah mengering, bakteri menghasilkan spora di tanah. Kekuatan yang basah dan curah hujan tendangan spora kecil ini ke udara di mana uap air setelah hujan bertindak sebagai aerosol (seperti penyegar udara aerosol). Udara yang lembab mudah membawa spora kepada kita agar kita hirup, spora ini memiliki khas, aroma tersebut sering di kelompokkan dengan curah hujan. Bakteri sangat umum dan dapat ditemukan di daerah-daerah di seluruh dunia. Karena bakteri tumbuh subur di tanah yang lembab tetapi sekali melepaskan spora tanah mengering, aroma yang paling kuat adalah setelah hujan yang mengikuti musim kering.

Semacam aroma lain disebabkan oleh keasaman hujan. Karena bahan-bahan kimia di atmosfer, air hujan cenderung agak asam, terutama di lingkungan perkotaan. Ketika terjadi kontak dengan sampah organik atau bahan kimia di tanah, hal ini dapat menyebabkan beberapa reaksi terutama aromatik. Selain rusak tanah dan melepaskan mineral yang terperangkap di dalamnya, dan bereaksi dengan zat kimia, seperti bensin, dapat memberi aroma yang lebih kuat. Reaksi-reaksi ini umumnya menghasilkan aroma khas yang lebih menyengat daripada bakteri spora, yang menjelaskan mengapa setelah hujan yang timbul tidak selalu aroma yang menyegarkan. Seperti aroma yang disebabkan oleh bakteri spora, aroma reaksi kimia yang paling terlihat saat hujan setelah musim kering. Hal ini karena sekali bahan-bahan kimia di tanah telah diencerkan oleh satu hujan lebat, mereka tidak memiliki reaksi yang sama dengan air hujan.

Hal lain setelah hujan aroma berasal dari minyak volatile bahwa tanaman dan pohon dilepaskan. Kemudian mengumpulkan minyak di permukaan seperti batuan. Hujan bereaksi dengan minyak di bebatuan dan membawanya sebagai gas melalui udara. Aroma ini adalah seperti spora bakteri dan kebanyakan orang menganggap itu aroma yang menyegarkan. Aroma ini bahkan telah ada kemasan dan dijual untuk kualitas aromatik!

Ada banyak kualitas aromatik yang mengambil dasar dari kelembaban dan hujan yang dipercaya dapat membangkitkan suasana segar dan relax, karena suasana yang basah setelah hujan sangat baik membawa partikel-partikel di udara. Jadi, ketika kita berbicara tentang setelah hujan ada aroma khas dengan seorang teman, berarti kita dapat satu hal, sementara teman kita memikirkan sesuatu yang lain. kita berdua akan setuju, bagaimanapun, bahwa udara memiliki aroma yang lebih kuat setelah hujan turun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar